bimbel masuk ui | ptn

Bimbel Masuk UI

Cerdas Mengabdi



Gelar Ilmu 2012Latar Belakang
Gelar Ilmu UI pertama kali diselenggarakan pada bulan Agustus 2007. Kegiatan Gelar Ilmu UI 2007 diadakan dengan tujuan menampilkan keragaman kepakaran dan keilmuan guru-guru besar serta hasil-hasil riset dan pengmas para dosen dan mahasiswa Universitas Indonesia. Dalam sambutannya di acara Gelar Ilmu UI 2007, Prof. Dr.der.Soz. Gumilar Rusliwa Somantri, Rektor baru UI terpilih periode 2007-2012, menyatakan bahwa Gelar Ilmu UI akan dijadikan agenda kegiatan lima tahunan UI. Hal tersebut berarti penyelenggaraan Gelar Ilmu UI harus digunakan sebagai suatu momen yang dapat menggambarkan jejak rekam capaian kegiatan-kegiatan riset dan pengmas UI dalam kurun waktu lima tahun kepengurusan Rektor UI periode 2007-2012.
Pengembangan kegiatan riset di UI periode 2007-2012 dituangkan pada renstra UI 2007-2012, yaitu mengarah pada penjagaan komitmen pencapaian visi UI menjadi world class research university. Pengembangan tersebut dilakukan dengan cara peningkatan kapasitas internal dan peningkatan daya saing periset UI di tingkat internasional.
Beberapa program yang dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas internal riset UI antara lain: menyusun roadmap riset dan pengmas UI; peningkatan jumlah pendanaan hibah riset setiap tahun; mengembangkan dan menjalan program-program hibah riset internal UI yang mengarah pada kompetisi berdasarkan kompetensi; meningkatkan partisipasi guru besar, dosen, dan mahasiswa pasca sarjana dalam kegiatan riset di UI; memantau dan mengevaluasi program-program riset dan pengmas UI; meningkatkan publikasi periset UI dalam jurnal internasional berindeks sitasi yang tinggi; dan mengembangkan program-program pelatihan untuk meningkatkan soft skills dosen dalam merencanakan dan menjalankan riset seperti pelatihan penulisan proposal dan penulisan artikel jurnal internasional.
Sementara itu, peningkatan daya saing periset UI ditingkat internasional dilakukan dengan menjalankan program sebagai berikut: penetapan 10 bidang riset unggulan UI berbasis pada database kegiatan-kegiatan riset UI; memantau dan menginformasikan perkembangan jumlah publikasi internasional periset UI dan memberikan strategi peningkatan jumlah publikasi tersebut; mendorong dan menfasilitasi periset untuk mengikuti seminar dan konferensi internasional; menfasilitasi program-program riset berbasis kerjasama internasional.
Capaian Riset UI dalam kurun waktu 5 tahun terakhir dalam hal peningkatan kapasitas internal dan peningkatan daya saing periset UI di tingkat internasional dapat terlihat dalam grafik-grafik sebagai berikut.

Keketatan Proposal Hibah Riset UI tahun 2008--2012

Gambar 1. Keketatan Proposal Hibah Riset UI tahun 2008-2012
Gambar 1 memperlihatkan partisipasi dosen-dosen UI (pengusul dan penerima) dalam kompetisi Hibah Riset Internal UI yang hanya dikelola oleh DRPM UI. Grafik tersebut tentu akan meningkat jika digabungkan dengan data-data riset yang dikelola oleh masing-masing Fakultas di UI. Melalui grafik tersebut DRPM UI mencoba untuk menggambarkan geliat riset sekaligus keketatan proposal hibah riset di lingkungan UI. Terlihat adanya peningkatan yang signifikan dari pengusul proposal Hibah Riset dari tahun 2008--2012. Data tahun 2012 memiliki kemungkinan untuk terus meningkat pada akhir tahun. Peningkatan jumlah partisipan tersebut memperlihatkan tingginya budaya riset di lingkungan UI. Rata-rata tingkat keketatan kompetisi mencapai 1:3, dari setiap 3 pengusul proposal rata-rata diperoleh 1 penerima Hibah Riset.
Pendanaan Riset UI tahun 2008—2012

Gambar 2. Pendanaan Riset UI tahun 2008—2012
Gambar 2 memberikan gambaran mengenai jumlah pendanaan riset yang berasal dari internal dan eksternal UI dari tahun 2008—2012. Pendanaan riset internal UI menunjukkan peningkatan dari tahun 2007 hingga 2012, yaitu dari sejumlah 6,72 M menjadi 18,29 M. Kenaikan pendanaan riset tersebut menunjukkan komitmen UI dalam mendukung pencapaian UI sebagai Universitas Riset. Untuk pendanaan dari eksternal UI tampak kenaikan signifikan pada tahun 2009, hal ini dikarenakan adanya penambahan anggaran hibah riset dari DP2M DIKTI, sedangkan pada tahun 2010 dan 2011 terjadi penurunan seiring penurunan alokasi anggaran hibah eksternal.
Publikasi Ilmiah UI

Gambar 3. Publikasi Ilmiah UI
Gambar 3 memperlihatkan peningkatan publikasi ilmiah UI (data SCOPUS) dari tahun 2008—2012. Salah satu bentuk komitmen UI dalam pencapaian world class research university adalah kontribusi dalam bentuk publikasi ilmiah berskala internasional. Publikasi tersebut dapat berupa artikel dalam jurnal internasional, konferensi internasional, review, editorial dan lain-lain. Publikasi tahun 2012 memiliki kemungkinan yang sangat besar untuk terus meningkat pada akhir tahun.
Hasil-hasil pencapaian program peningkatan kapasitas internal dan peningkatan daya saing periset UI di tingkat internasional selama periode 2007-2012 tersebut akan dirangkum melalui kegiatan Gelar Ilmu UI 2012. Kegiatan Gelar Ilmu 2012 akan diselenggarakan berbasis pada capaian kegiatan riset dan pengmas masing-masing fakultas-fakultas dan program pasca sarjana serta pusat-pusat riset di lingkungan UI.
Melalui kegiatan Gelar Ilmu UI 2012, UI juga mencoba menggandeng ITB dan UGM untuk berbagi pengalaman pencapaian universitas riset dengan Universitas-universitas lain di Indonesia melalui berbagai kegiatan seminar dan talkshow. Salah satu seminar yang akan diadakan mengangkat tema “universitas riset: fakta atau mimpi?”. Kegiatan tersebut akan didukung oleh DIKTI untuk mengundang semua pejabat LPPM-LPPM seluruh Indonesia.
Maksud Kegiatan
Menggelar (to expose) hasil-hasil riset dan pengmas UI periode 2007-2012 sekaligus berbagi pengalaman pencapaian menjadi universitas riset melalui berbagai kegiatan seminar, workshop, dan talkshow.
Tujuan Kegiatan
  • Menampilkan capaian riset dan pengmas UI periode 2007-2012 yang dilakukan oleh periset di lingkungan Universitas Indonesia yang berfokus pada penyelesaian masalah bangsa
  • Mensosialisasikan capaian riset dan pengmas UI periode 2007-2012 kepada kalangan akademisi dan lembaga litbang, masyarakat, dan industri
  • Memberikan dan membagi pengalaman pencapaian research university bagi universitas-universitas di seluruh Indonesia
Tema Kegiatan
Gelar Ilmu UI 2012 akan mengambil tema: ”Menjadi Universitas Riset: wujud sumbangsih keilmuan Universitas bagi bangsa dan dunia”.
Dengan tema tersebut diharapkan universitas-universitas di Indonesia memiliki komitmen yang tinggi untuk menjadi universitas riset karena dengan itulah sebuah universitas akan menjadi penyumbang keilmuan dan teknologi serta sosial budaya yang dibutuhkan untuk pemecahan berbagai masalah bangsa.
Bentuk Kegiatan
Kegiatan Gelar Ilmu 2012 akan diadakan dalam bentuk pameran capaian riset dan pengmas UI yang dikemas dengan berbagai kegiatan penunjang untuk menarik pengunjung pameran, yaitu berbagai Seminar & Talkshow, workshop, fun science, graduate student’ research qolloquium, konsultasi gratis, bazaar, dll. Kegiatan-kegiatan tersebut akan mengambil tema-tema terkini terkait iptek, pendidikan, industri, dan berbagai isu permasalahan bangsa. Pada setiap sesi kegiatan penunjang, peserta kegiatan merupakan audience target Gelar Ilmu UI 2012 yang akan otomatis menjadi audien utama pada kegiatan Pameran capaian riset dan pengmas UI periode 2007-2012.
Kelompok Studi Mahasiswa Eka Prasetya (KSM EP) Universitas Indonesia menggelar acara bertajuk "Research Camp" dengan tagline Cerdas Mengabdi. Kegiatan Research Camp yang diikuti oleh 20 orang anggota KSM EP ini berlangsung dari tanggal (01—09/08) di Kabupaten Tanggamus, Lampung. Tanggamus merupakan salah satu kabupaten dengan tingkat perekonomian relatif rendah di Indonesia, IPM-nya menduduki peringkat 242 dari 370 kota/kabupaten di Indonesia. Di sana juga terdapat potensi emas yang sejak tahun 2011 mulai diekploitasi oleh PT Natarang Mining. Selain itu disana banyak masyarakat suku asli Lampung yang masih mempertahankan budayanya. Daerah ini pun akhirnya menjadi semakin menarik untuk dijadikan lokasi penelitian.
Research Camp terdiri dari dua kegiatan utama, yaitu Penelitian dan Community Service. Untuk penelitian, terdapat enam kelompok penelitian yang akhirnya resmi dikutsertakan. Enam kelompok tersebut mewakili hampir seluruh disiplin ilmu, menyesuaikan dengan kebutuhan anggota KSM EP yang multidisiplin. Sifat semua penelitian ini adalah community service sehingga hasil dari penelitian ini dapat diaplikasikan atau bermanfaat langsung bagi masyarakat setempat dalam jangka panjang.

Untuk Community Service jangka pendek, KSM EP juga melakukan beberapa kegiatan yang disesuaikan dengan hasil observasi atas kebutuhan warga setempat. Kegiatan tersebut antara lain mulai dari kunjungan motivasi ke sekolah-sekolah, pembenahan fasilitas umum, hingga pelatihan bisnis bagi para ibu-ibu. Selama disana, para anggota KSM EP bertempat tinggal di rumah warga. Mereka disebat di tiga pekon (desa) di Kecamatan Bandar Negeri Semuong.

Rangkaian Research Camp nantinya akan ditutup dengan seminar dan research expo Desember 2012 bersamaan dengan kegiatan puncak KSM EP tahun ini yaitu "Gelar Karya KSM". Research Camp bertujuan untuk memberikan pengalaman menyusun dan menyelenggarakan sebuah penelitian bagi para peserta serta merasakan pengalaman lebih dekat bersama masyarakat. Ketua KSM EP, Ibnu Budiman menyatakan bahwa Research Camp adalah cara KSM EP mengurai tri dharma perguruan tinggi. (IB)